Minggu, 10 Juni 2012

Pulau Derawan Berau




Terletak di daratan Kalimantan Timur, Kabupaten Berau, pulau ini termasuk dalam jajaran tujuan wisata menyelam terbaik di dunia. Pulau Derawan sebenarnya bukan satu-satunya pulau yang ada di wilayah ini. Maratua, Sangalaki, dan Kakaban adalah pulau lain yang mendampinginya. Berada di Derawan, jangan kaget jika Anda bakal mengundurkan jadwal kepulangan. Suasana tropis yang sangat sempurna. Pemandangan pasir putih yang menghampar mendekati bibir laut, pepohonan hijau, dan gradasi air laut berwarna biru dan hijau. Dan jangan hanya menikmatinya dari teras resort , atau hanya berjemur di pantai. Coba menyelaminya lebih dalam dengan diving untuk membaur dengan kehidupan bawah laut.

Anda akan menemukan kura- kura besar, ikan pari, ubur- ubur, dan sekumpulan ikan barakuda. Kepulauan Derawan juga mengiming-imingi Anda dengan 460 jenis karang yang membuat Anda berdecak kagum. Keindahannya menempati posisi kedua setelah Raja Ampat, Papua Barat.Saat berada di sini, Anda seolah akan dipaksa untuk tidak bermalas- malasan. Bangun lebih pagi untuk menyaksikan sunrise adalah suatu keharusan. Namun, untuk benar- benar menikmati keindahannya, pastikan kondisi cuaca sedang bersahabat.

Jika Anda punya waktu lebih, coba bergeser sedikit ke Pulau Maratua. Anda dapat mencoba kepiawaian trekking dengan menaklukkan jalan setapak menuju gua Langka-langka yang menyembunyikan keindahannya. Atau singgahlah di kampung Bohe Bukut dengan pemandangan lumba-lumba yang berloncatan di atas lautan.Untuk melihat habitat penyu dari dekat, Anda bisa menemuinya di pulau Sangkali. Di sini terdapat penangkaran penyu hijau. Pasti Anda akan takjub menemukan jejak penyu dan melihat langsung saat penyu-penyu tersebut bertelur.
Bagaimana? Anda tertarik?

Berikut ini 2 cara untuk menuju pulau Derawan :

1. Penerbangan menuju  Berau
    Dilanjutkan perjalanan darat selama 2-3 jam dan 30 menit menyeberang menggunakan speed boat. Atau dari  Tanjung Redeb, Berau bisa 
     juga langsung naik kapal  dan sekitar 3 jam kemudian tiba di Pulau Derawan.

2. Penerbangan menuju Tarakan
    Dilanjutkan dengan speed boat selama 3 jam menuju Pulau Derawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar