Kamis, 06 Desember 2012

Danau Labuan Cermin Berau



Jangan heran ketika mendengar 'danau bercampur laut', karena Danau Labuan Cermin memang danau yang unik dan indah. Anda akan terhipnotis oleh batas antara air laut di dasar danau dan air tawar di permukaan danau. Danau ini terletak di di Desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Diperlukan perjalanan yang berat dan biaya yang tidak sedikit untuk menuju ke Danau Labuan Cermin. Untuk mencapai danau ini, diperlukan waktu sekitar 20-24 jam perjalanan darat dari Samarinda, atau melalui jalur udara dari Bandara Sepinggan Balikpapan menuju Bandara Tanjung Redeb, lalu dilanjutkan 6 jam perjalanan darat. Seperti kata pepatah, 'bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian', diperlukan pengorbanan yang luar biasa untuk mencicipi keindahan harta karun Danau Labuan Cermin. 

Sebelum mencapai Danau Labuan Cermin, Anda harus trekking menelusuri hutan selama 30-45 menit. Hutan yang sangat liar dan menantang. Pepohonan yang rimbun dan satwa-satwa liar akan menjumpai Anda. Seperti monyet, babi hutan, burung, owa-owa dan beruang madu. Bahkan di beberapa batang pohon, Anda akan menjumpai bekas cakaran beruang madu. Trekking yang sangat menyenangkan, bukan? Setibanya di danau, mulut Anda seperti terkunci saat menyaksikan luas, jernih dan birunya air danau, serta udara sejuk yang akan menghapus keringat Anda. Siapkan diri Anda untuk diving, snorkling, dan berenang. Airnya sangat dingin,jernih, dan segar. Saat menyelam, Anda akan merasakan gelembung-gelembung air dan beberapa titik-titik yang hangat, karena dasarnya terdapat batas antara air laut dan air tawar. 

Keindahan biota lautnya jangan dipertanyakan. Tumbuh-tumbuhan air, ikan-ikan yang cantik dan batu-batuan alami di dalam air membuat Anda seolah berada di mimpi. Tempat yang sangat menyejukan. Perjalanan 20 jam, seolah tidak ada artinya saat Anda menikmati keindahan Danau Labuan Cermin.Di sekitar danau belum terdapat resort-resort yang mewah, hanya terdapat perumahan penduduk. Selain itu, hanya terdapat beberapa warung makan di sekitar danau. Anda juga harus membawa peralatan snorkling, karena belum terdapat penyewaan alat-alat snorkling. Namun, semua itu tidak dapat memudarkan keindahan dan kecantikan Danau Labuan Cermin.Danau Labuan Cermin memang belum dikenal oleh wisatawan, namun keindahannya seolah menjadi harta karun yang tersembunyi di Kalimantan Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar